Sabtu, 06 April 2013

PEMONDOKAN HAJI 2013 DIHARAPKAN LEBIH BAIK

Metrotvnews.com, Jakarta: Kondisi perumahan pada pemondokan musim haji tahun ini dinilai lebih baik sehingga akan memudahkan pelayanan jemaah mendapat penginapan yang memadai dan lebih nyaman.

"Tahun ini kita mendapat rumah untuk pemondokan jemaah yang lebih besar sehingga memudahkan pelayanan kepada jemaah untuk pelayanan kesehatan dan pelayanan sektor di Mekah," kata Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Anggito Abimanyu ketika dihubungi Media Indonesia, Jumat (5/4).

Rumah besar pemondokan mencapai 219 unit yang telah dikontrak. Jarak ke Masjidil Haram di Mekah pun menurut Anggito mendapat pemondokan terdekat hingga 2,5 kilometer.

"Jadi kita tidak kalah dengan negara lain dalam pelayanan pemondokan walau memang tidak semua hotel mengingat jumlah jemaah kita yang terbesar ketimbang negara lain yang lebih sedikit," ungkap Anggito.

Hemat dia, kondisi pemondokan jemaah Indonesia setiap tahun selalu lebih baik dan dekat dengan Masjidil Haram Mekah ketimbang lima tahun lalu yang mencapai jarak terjauh hingga 7-17 kilometer dari Masjidil Haram.

Begitu pun pemondokan atau penginapan jemaah Indonesia di Madinah dekat dengan Masjid Nabawi yakni di ring Markaziah yang hanya berjarak 600 meter dari Nabawi.

Pelayanan transportasi jemaah di Mekah juga disebutkan lebih baik. Jemaah sekarang akan mendapat pelayanan bus yang lebih bagus dari pemondokan ke Masjidil Haram. "Bus lebih banyak sekitar 130 unit dengan daya angkut untuk 100 ribu jemaah. Tahun lalu hanya 85 bus untuk 60 ribu jemaah," ujarnya.

Sebelumnya, anggota Komisi VIII DPR berharap turunnya Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BIPH) tahun ini dalam kurs dolar  sekitar US$90 kualitas pelayanan kepada jemaah haji Indonesia tetap terjaga baik.

"Ongkos naik haji atau BPIH 2013 berhasil kami turunkan terkait dengan berhasilnya menekan ongkos penerbangan serta memberikan tambahan subsidi untuk perumahan dan biaya lain dari dana optimalisasi haji yang ada," kata anggota Komisi VIII Hasrul Azwar.

Dana optimalisasi jemaah haji yang tersimpan di Kemenag terus meningkat dari Rp1,7 triliun tahun lalu menjadi Rp2,4 triliun tahun ini. (Syarief Oebaidillah)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar